Sosialisasi Probiotik

Sosialisasi Probiotik



Bangkalan, 10 Agustus 2017. Guna memberikan edukasi kepada masyarakat Desa Karang Duwak tentang manfaat, kegunaan, serta cara pembuatan probiotik Mahasiswa KKN kelompok 70 Universitas Trunojoyo Madura menyelenggarakan kegiatan sosialisasi Probiotik alami untuk ternak dan tumbuhan. Sosialisasi ini sebagai salah satu kelanjutan dari kegiatan pembuatan probiotik yang sebelumnya telah dipraktekkan oleh kelompok KKN 70 UTM. Fokus utama dalam sosialisasi ini adalah memberikan edukasi terhadap warga Desa Karang Duwak bahwa unggas yang dipelihara dapat juga dirawat dengan memberikan probiotik alami yang dapat dibuat sendiri agar mengurangi masalah seperti tertular penyakit atau bahkan mati mendadak apalagi dalam cuaca ekstrim.
Sosialisasi berlangsung selama 3 jam yang terdiri dari sesi pemaparan materi tentang berternak ayam oleh S. Beik Dinillah S.T selaku pemateri yang telah melakukan penelitian dengan menguji sample ayam yang diberi probiotik dengan ayam tanpa diberi probiotik. Selain itu, beliau telah berpengalaman selama 10 tahun dalam beternak ayam.  Pemateri kedua disampaikan oleh Agung Ferrianto yang telah berpengalaman dalam membuat probiotik menggunakan bahan-bahan alami. Sosialisasi dihadiri oleh 25 orang bapak-bapak warga Desa Karang Duwak dari berbagai profesi mulai dari petani hingga peternak. Kegiatan dibuka langsung oleh Bapak Tohir selaku Sekretaris Desa Karang Duwak. Kemudian dilanjutkan dengan penyampaian materi.
Materi tentang beternak ayam disampaikan secara gamblang oleh S.Beik Dinillah yang mengupas tentang prospek usaha peternakan yang sangat bagus untuk dikembangkan. Faktor­­­­-faktor yang harus diperhatikan dalam beternak ayam antara lain pakan, vaksinasi, pembibitan, manajemen, dan lingkungan. Dua hal yang paling penting yakni pakan dan vaksinasi. Menyambung dari penjelasan tentang pentingnya pakan dan vaksinasi, materi selanjutnya yakni tentang probiotik untuk pakan ternak. Ternak yang diberikan probiotik mampu memberikan penambahan berat badan yang cukup baik. Penggunaan probiotik dalam pakan, tidak memberikan efek buruk pada ternak, hal ini disebabkan probiotik adalah termasuk kategori zat organic.


Berbagai manfaat probiotik seperti meningkatkan nafsu makan dan mempercepat pertumbuhan ternak, mempercepat waktu panen dan menghemat pakan, meningkatkan kualitas pakan, membantu proses pencernaan, meningkatkan sistem kekebalan tubuh ternak serta dapat menjaga suhu badan ternak agar tetap hangat. Dengan adanya sosialisasi tentang probiotik tersebut diharapkan  dapat tercipta lapangan usaha baru bagi masyarakat Karang Duwak. Mengingat hampir setiap rumah di Desa Karang Duwak terdapat unggas yang dipelihara oleh warga. Unggas seperti ayam dan bebek dipelihara dengan berbagai tujuan seperti untuk konsumsi pribadi bahkan diternakkan dalam skala besar. Hal ini dapat menjadi potensi yang menjanjikan apabila dikembangkan menjadi salah satu usaha.
Kegiatan yang bertempat di Dusun Prade ini kemudian dilanjutkan dengan sesi diskusi. Pada sesi ini para peserta berpartisipasi secara aktif. Mulai dari sharing terkait usaha ternak yang telah digeluti dan terdapat pula pertanyaan tentang bagaimana cara memaksimalkan keuntungan dengan menggunakan probiotik. Hal ini sejalan dengan manfaat probiotik yang juga dapat menambah bobot tanpa harus menambah volume pakan. Sehingga, dengan menggunakan probiotik alami yang notabene dapat dibuat dengan harga murah sehingga dapat menambah keuntungan peternak

Comments

Popular posts from this blog

Sejarah Desa Karang Duwak

Desa Karang Duwak Kecamatan Arosbaya Kabupaten Bangkalan

Pelatihan Tanaman Rimpang