Sosialisasi Kesehatan

Nama Kegiatan           : Sosialisasi kesehatan
Hari/Tgl Kegiatan       : Selasa. 1 Agustus 2017
Waktu Kegiatan          : 09.00 - 12.00 WIB
Tempat Kegiatan        : Rumah sekretaris (Bpk.tohir), Desa Karang Duwek
Peserta Kegiatan         : 29 Orang

            Kegiatan sosialisasi kesehatan dengan tema kesehatan reproduksi dan pernikahan dini. Kegitan sosialisasi kesehatan dilakasanakan di Bpk. Tohir selaku sekretaris desa yang berada di dusun Prade Desa Karang Duwek. Sosialisasi ini dengan tujuan untuk memberikan wawasan mengenai pentingnya menjaga kesehatan reproduksi dan bahaya penyakit reproduksi. Dengan harapan masyarakat mulai sadar dengan pentingnya menjaga kebersihan reproduksi dan mulai hidup sehat.
            Acara ini di buka dengan sambutan dari koordes dan bapak sekdes, selanjutnya langsung kepada pemateri. Pemateri pada acara ini yaitu salah satu tenaga kesehatan bagian penyuluhan dari puskemas tongguh kec. Arosbaya. Materi yang diberikan oleh Bu Herlina adalah mengenai kesehatan reproduksi dan pernikahan dini.
Pertama menjelasakan mengenai Pengertian dari kesehatan reproduksi, selanjutnya menjelaskan pentingnya menjaga kesehatan reproduksi dan bagaimana cara menjaganya. Harus dijaga terutama para remaja yang sudah memasuki usia baligh, menganti celana dalem 2x sehari. Untuk mengganti pembalut 4 jam sekali. Hal itu untuk mencegah keputihan dan kesehatan reproduksi. Dan juga menjelaskan ciri atau tanda keputihan yang mengindikasikan tidak sehat. Menjaga pergaulan ketika sudah beranjak baligh. Karena sistem reproduksi para remaja sudah matang. Serta menjaga kestabilan emosi karena saat remaja emosi sedang bergejolak, jadikan orang tua sebagai orang yang terdekat untuk menceritakan masalah pribadi, sehingga orang tua bisa mengontrol kondisi anak remaja.
            Pernikahan dini dibolehkan akan tetapi negara memiliki peraturan sendiri. Menurut WHO 20th dan Negara sendiri mengatur batas usia minimal 17th siap untuk menikah. Yang perlu diperhatikan dalam pernikahan adalah psikis, mental dan fisik. Karena dalam suatu pernikahan dini dalam konsisi fisik yang rentan adalah wanita  karena kondisi kandungan wanita dalam nikah dini belum maksimal, usia reproduksi wanita untuk tidak sama dengan laki laki. Pria tidak mempunyai usia subur. Sedangkan wanita memiliki masa tertentu dalam sistem reproduksi yaitu menopouse, dalam kondisi mental juga berhubungan seperti kesiapan emosi dalam menjaga hubungan rumah tangga antar wanita dan juga pria.
            Antusias peserta sosialisasi kesehatan  terlihat pada saat MC membuka sesi pertanyaan. Ibu Ibu menanyakan mengenai keputihan yang di alami oleh anaknya atau saudaranya bahkan keluarganya. Dan langsung di jawab oleh Bu Herlina dengan jelas mengenai permasalah Ibu Ibu. Acara sosialisasi kesehatan ini di tutup oleh MC dan berakhir pada pukul 12.00 WIB.




Comments

Popular posts from this blog

Desa Karang Duwak Kecamatan Arosbaya Kabupaten Bangkalan

Sejarah Desa Karang Duwak